Pemilukada Ende 2013

 
Pemilukada Ende 2013, Darmawan target satu putaran 
TIDAK terlalu berlebihan. Dalam sebuah usaha, siapa saja punya target bahwa usahanya itu harus berhasil, meskipun ada hambatan atau tantangan yang terbentang di depan matanya. Begitu juga Paket DARMAWAN (Don Wangge-Dominikus Minggu Mere). Calon Bupati Ende dan Wakil Bupati Ende yang bertarung dalam Pemilukada Kabupaten Ende tahun ini. Tapi yang memberi target ini bukan Don Wangge dan Domi Mere, meskipun dalam hati kecil mereka mungkin juga sama. Tetapi yang terungkap dan didengar oleh semua yang hadir, adalah teriakan dari para simpatisan Paket Darmawan yang ikut dalam Deklarasi Paket Darmawan yang berlangsung di Lapangan Pancasila (Lapangan Perse Ende) pada hari Minggu tanggal 19 Mei 2013. 
Mungkin saja benar apa kata para simpatisan tersebut. Karena disaksikan EXPO NTT, setidaknya lebih dari 10.000 masa simpatisan Paket Darmawan datang dari berbagai pelosok atau tepatnya datang dari 21 Kecamatan yang ada di Kabuaten Ende. Mereka datang menggunakan kendaraan roda dua dan empat, tidak dapat dihitung berapa jumlahnya, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. 
Teriakan satu putaran dari para simpatisan yang berjubel di Lapangan Pancasila itu terdengar terdengar ketika Don Wangge dan Domi Mere memasuki Lapangan Pancasila dengan mengenakan pakaian adat. Begitu juga ketika Don Wangge dan Domi Mere berjalan menuju panggung yang telah disiapkan untuk acara deklarasi. Begitu juga ketika keduanya menyatakan dengan saya Don Wangge dan saya Domnikus Minggu Mere mendeklarasikan diri sebagai Calon Bupati Ended an Calon Wakil Bupati Ende masa bhakti 2014-2019 dan siap mengikuti tahapan proses pemilihan kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah secara tertib. Jujur, adil dan damai. 
Pada saat yang sama juga, tidak dapat dhitung lagi ada sejumlah masyarakat mewaskili masyarakat yang lainnya dari berbagai pelosok daerah ini menelpon EXPO NTT dan menyampaikan dukungan. Dengan satu tekad yang sama bahwa Don Wangge dan Domi Mere harus menang dalam satu putaran. EXPO NTT bingung untuk menjawab tekad mereka itu sehingga layak dan pantas untuk disampaikan publik bahwa tidak saja simpatisan Paket Darmawan yang ikut deklarasi paket tersebut bertekad satu putran saja, tetapi yang tidak ikut juga menyatakan yang sama. 
Bahkan ada yang meminta kepada EXPO NTT untuk menyampaikan/membisik kepada Don Wangge dan Domi Mere bahwa meskipun mereka tidak ikut kegiatan derklarasi , tetapi Don Wangge dan Domi Mere sudah melekat kuat di hati mereka. Sekaligus membantah isu yang mereka dengar bahwa Dominikus Minggu Mere yang biasa disapah akrab dokter Domi itu akan menarik diri, tidak berpasangan dengan Don Wangge. Isu yang sudah tersebar meluas itu, terbukti tidak benar. Seperti dikatakan oleh Don Wangge dalam acara deklarasi tersebut. Bahwa Dominikus Mere yang selama ini diisukan akan menarik diri, ternyata hari ini berdiri disini bersama saya dan telah mendeklarasikan diri sebagai Calon Wakil Bupati Ende masa bhakti 2014-2019. 
Pernyataan Don Wangge sebagai Calon Bupati Ende tersebut disambut tepuk tangan meriah oleh lebih dari 10.000 simpatisan yang hadir dalam acara tersebut. Pada saat deklarasi ada ungkapan yang mengatakan bahwa datang hadir acara tersebut, tidak saja simpatisan Paket Darmawan, tetapi juga simpatisan dari paket-paket yang lain. Silahkan saja hak setiap orang untuk mengomentari. Tetapi dari fakta yang ada, kalau benar seperti yang dikatakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut, bahwa itulah hebatnya Tim Relawan Paket Darmawan dapat merangkul semua simpatisan, tidak saja simpatisan Paket Darmawan tetapi juga mungkin simpatisan dari paket yang lain. Tetapi untuk publik tahu saja bahwa dari Kecamatan Nangapanda khususnya ada 26 kendaraan roda empat yang membawa simpatisan Paket Darmawan ikut deklarasi, dan tidak bisa dihitung berapa banyak kendaraan roda dua bersama orang-orangnya.• rik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar